Tugas Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Jumat .20 Desember 2019
Dosen Pengampu ; Ika Septiana, S.pd.,M.pd
Nama Mahasiswa : Diyah Reka Noviyanti
NPM :18410049
Semester : 3B
Deskripsi :Blog ini dibuat untuk melengkapi tugas sumber belajar dan media pembelajarn
Kata Pengantar
Sebelumya saya ingin mengucapkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesikan tugas sumber belajar dan media pembelajarn. Tidak lupa saya menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pengampu yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan ini..
A.KI dan KD
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Memahami dan menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual, konseptual prosedur berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kebngsaan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami dan menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual, konseptual prosedur berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kebngsaan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
KI 4Mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
B. Tujuan Pembelajarn
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan ciri kebahasaan.
2. Peserta didik mampu menyusun kembali teks laporan hasil observasi.
3. Peserta didik dapat memprsentasikan laporan hasil observsai yang telah disusun
B . Peta Konsep
C Materi Pembelajaran
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
1.Isi teks. Laporan hasil observasi adalah Teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan. Dalam penyusunannya, teks ini memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci
2. Struktur teks .struktur isi teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga bagian sebagai berikut:
A. Pendahuluan Di dalam pendahuluan, teks laporan hasil obesrvasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi atau definisi umum umum.
B. Isi .Di dalam isi teks laporan hasil observasi terdapat 3 struktur yaitu: definisi umum definisi bagian dan definisi manfaat
C. Penutup.Di bagian penutup terdapat kesimpulan
3. Aspek kebahasaan.:
A. Kata, frasa verba, dan nomina. Kata dan kelompok kata (frasa) yang dominan digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).
B .Afiksasi. Afiksasi adalah kata dasar yang mendapat proses pengimbuhan sehingga merubah jenis kata tersebut.
C. Kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Dalam teks laporan hasil observasi, terdapat beberapa verba yang digunakan untuk mendefinisikan dan mendeskripsikan objek. Kalimat definisi adalah kalimat yang menggunakan verba definitif. Sedangkan kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggunakan verba untuk mendeskripsikan objek dalam teks.
D, Kalimat Simpleks dan kompleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang memiliki satu klausa yang terdiri dari subjek dan predikat. Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa baik setara maupun bertingkat
4. Kerangka Teks. Kerangka teks laporan pngamatan :judul , nama kegiatan yang diamati, latar belakang, tujuan, tempat, metode, hasil ,penutup)
4.2 F. Soal
D. Soal
Pilihan ganda
1. Berikut ini adalah struktur lain yang ada dalam teks laporan hasil observasi kecuali
a) Pembuka
b) Umum
c) Penutup
d) Bagian
2. Tujuan dari teks laporan observasi adalah
a) Menemukan teknik atau cara terbaru
b) Sebagai bahan penelitian ilmiah
c) Mencari sempel masalah
d) Semuanya benar
3. Jenis kalimat yang bisa digunakan dalam pembuatan teks lapoaran observasi kecuali
a) Kalimat simple
b) Kalimat tanya
c) Kalimat kompleks
d) Kalimat perintah
4. Dalam teks laporan observasi tahap pernyataan umum merupakan
a) Kata penutupdalam teks laporan
b) Isi teks laporan
c) Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan hasil observasi
d) Definisi khusus
1. Paragraf atau struktur yang berisi manfaat – manfaat dari objek yang diamati dari teks laporan hasil observasi disebut
a) Definisi khusus
b) Definisi umum
c) Definisi deskripsi
d) Definisi manfaat
Kunci jawaban
1. A. Definisi pembuka
2 A.Menemukan teknik dan cara terbaru
3. B. Kalimat tanya
4. C. Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan
hasil observasi
5. D. Definisi manfaat
Soal uraian
1. Jelaskan struktur yang terdapat pada teks laporan observasi ?
2. Sebutkan tujuan teks laporan ?
3. Sebutkan 4 ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi ?
4. Sebutkan tahap-tahap dalam membuat teks observasi?
5. Sebutakan 3 ciri teks laporan?
Jawaban
No Pertanyaan Jawaban
1. Jelaskan struktur yang terdapat pada teks laporan observasi ?
1. Definisi umum adalah paragraf yang berisi penjelasan secara rinci.
2.Definisi bagian adalah paragraf yang berisi bagian-bagian dari objek yang diamati.
3.Deskripsi manfaat adalah paragraf yang berisi manfaat –manfaat dari objek yang diamati.
2. Sebutkan tujuan teks laporan ?
1. Mengatasi suatu masalah
2.Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif
3.Mengadakan pengawasan dan perbaikan
4. Menemukan teknik-teknik baru
3. Sebutkan 4 ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi ?
1.Adanya frasa
2. Adanya konjungsi
3.Kalimat kompleks
4.Kata benda
4. Sebutkan tahap-tahap dalam membuat teks observasi?
1. Membuat judul laporan
2. Menyusun kalimat pembukaan
3.Menyusun isi laporan
4. Menulis kalimat penutup
5. Sebutakan 3 ciri teks laporan?
1. Strukturnya terdiri atas: definisi umum, deskripsi bagian,dan deskripsi manfaat.
2.Memuat informasi berdasarkan fakta
3.Faktualnya berdasarkan hasil penelitian
Daftar Pustaka
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK. Jakarta: Yrama Widya.
Setiyaningsih, Ika.2014. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia: Terampil Berbicara. Klaten: Intan Pariwara.
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-teks-lho-kd-32-dan.html
Jumat .20 Desember 2019
Dosen Pengampu ; Ika Septiana, S.pd.,M.pd
Nama Mahasiswa : Diyah Reka Noviyanti
NPM :18410049
Semester : 3B
Deskripsi :Blog ini dibuat untuk melengkapi tugas sumber belajar dan media pembelajarn
Kata Pengantar
Sebelumya saya ingin mengucapkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesikan tugas sumber belajar dan media pembelajarn. Tidak lupa saya menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pengampu yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan ini..
A.KI dan KD
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Memahami dan menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual, konseptual prosedur berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kebngsaan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami dan menerapkan ,menganalisis pengetahuan factual, konseptual prosedur berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kebngsaan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
KI 4Mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
B. Tujuan Pembelajarn
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan ciri kebahasaan.
2. Peserta didik mampu menyusun kembali teks laporan hasil observasi.
3. Peserta didik dapat memprsentasikan laporan hasil observsai yang telah disusun
B . Peta Konsep
C Materi Pembelajaran
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
1.Isi teks. Laporan hasil observasi adalah Teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan. Dalam penyusunannya, teks ini memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci
2. Struktur teks .struktur isi teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga bagian sebagai berikut:
A. Pendahuluan Di dalam pendahuluan, teks laporan hasil obesrvasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi atau definisi umum umum.
B. Isi .Di dalam isi teks laporan hasil observasi terdapat 3 struktur yaitu: definisi umum definisi bagian dan definisi manfaat
C. Penutup.Di bagian penutup terdapat kesimpulan
3. Aspek kebahasaan.:
A. Kata, frasa verba, dan nomina. Kata dan kelompok kata (frasa) yang dominan digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda).
B .Afiksasi. Afiksasi adalah kata dasar yang mendapat proses pengimbuhan sehingga merubah jenis kata tersebut.
C. Kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Dalam teks laporan hasil observasi, terdapat beberapa verba yang digunakan untuk mendefinisikan dan mendeskripsikan objek. Kalimat definisi adalah kalimat yang menggunakan verba definitif. Sedangkan kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggunakan verba untuk mendeskripsikan objek dalam teks.
D, Kalimat Simpleks dan kompleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang memiliki satu klausa yang terdiri dari subjek dan predikat. Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa baik setara maupun bertingkat
4. Kerangka Teks. Kerangka teks laporan pngamatan :judul , nama kegiatan yang diamati, latar belakang, tujuan, tempat, metode, hasil ,penutup)
4.2 F. Soal
D. Soal
Pilihan ganda
1. Berikut ini adalah struktur lain yang ada dalam teks laporan hasil observasi kecuali
a) Pembuka
b) Umum
c) Penutup
d) Bagian
2. Tujuan dari teks laporan observasi adalah
a) Menemukan teknik atau cara terbaru
b) Sebagai bahan penelitian ilmiah
c) Mencari sempel masalah
d) Semuanya benar
3. Jenis kalimat yang bisa digunakan dalam pembuatan teks lapoaran observasi kecuali
a) Kalimat simple
b) Kalimat tanya
c) Kalimat kompleks
d) Kalimat perintah
4. Dalam teks laporan observasi tahap pernyataan umum merupakan
a) Kata penutupdalam teks laporan
b) Isi teks laporan
c) Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan hasil observasi
d) Definisi khusus
1. Paragraf atau struktur yang berisi manfaat – manfaat dari objek yang diamati dari teks laporan hasil observasi disebut
a) Definisi khusus
b) Definisi umum
c) Definisi deskripsi
d) Definisi manfaat
Kunci jawaban
1. A. Definisi pembuka
2 A.Menemukan teknik dan cara terbaru
3. B. Kalimat tanya
4. C. Menjelaskan manfaat pembuatan teks laporan
hasil observasi
5. D. Definisi manfaat
Soal uraian
1. Jelaskan struktur yang terdapat pada teks laporan observasi ?
2. Sebutkan tujuan teks laporan ?
3. Sebutkan 4 ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi ?
4. Sebutkan tahap-tahap dalam membuat teks observasi?
5. Sebutakan 3 ciri teks laporan?
Jawaban
No Pertanyaan Jawaban
1. Jelaskan struktur yang terdapat pada teks laporan observasi ?
1. Definisi umum adalah paragraf yang berisi penjelasan secara rinci.
2.Definisi bagian adalah paragraf yang berisi bagian-bagian dari objek yang diamati.
3.Deskripsi manfaat adalah paragraf yang berisi manfaat –manfaat dari objek yang diamati.
2. Sebutkan tujuan teks laporan ?
1. Mengatasi suatu masalah
2.Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif
3.Mengadakan pengawasan dan perbaikan
4. Menemukan teknik-teknik baru
3. Sebutkan 4 ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi ?
1.Adanya frasa
2. Adanya konjungsi
3.Kalimat kompleks
4.Kata benda
4. Sebutkan tahap-tahap dalam membuat teks observasi?
1. Membuat judul laporan
2. Menyusun kalimat pembukaan
3.Menyusun isi laporan
4. Menulis kalimat penutup
5. Sebutakan 3 ciri teks laporan?
1. Strukturnya terdiri atas: definisi umum, deskripsi bagian,dan deskripsi manfaat.
2.Memuat informasi berdasarkan fakta
3.Faktualnya berdasarkan hasil penelitian
Daftar Pustaka
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK. Jakarta: Yrama Widya.
Setiyaningsih, Ika.2014. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia: Terampil Berbicara. Klaten: Intan Pariwara.
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-teks-lho-kd-32-dan.html
Komentar
Posting Komentar